Pujian Ulama Terkemuka Turki dalam Konferensi Internasional Islam Kroasia

mehmet-gormez-1UkhuwahIslamiyah – Ulama terkemuka Turki pada Selasa kemarin (26/4/2016) memuji langkah Kroasia yang menyelenggarakan konferensi internasional tentang Islam di tengah Islamofobia yang tersebar luas, Anadolu Agency melaporkan.

Kepala Direktorat Agama Islam Turki, Mehmet Gormez tiba di ibu kota Kroasia Zagreb untuk menghadiri Konferensi Masyarakat Islam Eropa, untuk menandai ulang tahun ke-100 Islam diakui setara dengan agama-agama lain di negara itu.

Gormez mengawali pidatonya dengan memuji Kroasia sebagai penyelenggaraan acara dan kemudian mengevaluasi perkembangan terakhir terkait dengan Islam di Eropa.

“Eropa membenarkan keberadaannya, keberadaannya sebagai kesatuan tanpa Islam sama sekali tidak benar, baik secara ilmiah atau historis,” kata Gormez.

Gormez juga mengatakan bahwa peradaban harus berdiri dengan nilai-nilai umum kemanusiaan.

“Saya tidak mengatakan bahwa umat Islam dari peradaban Andalusia didirikan di Spanyol membangunkan Eropa dari tidur dogmatis abad pertengahan. Semua ulama mengatakan hal itu. Jadi, belajar pengalaman Andalusia, Ottoman, dan imigran yang datang dari berbagai bagian dari dunia Islam selama 100 tahun terakhir dan mereka menyebut diri mereka orang Eropa.

Konferensi internasional Islam di Kroasia ini dihadiri oleh para pemimpin agama, mufti, dan ulama Islam dari Bosnia-Herzegovina, Makedonia, Albania, Montenegro, Prancis, Jerman, Belgia, Ukraina, Kazakhstan, Hungaria, Rusia, Norwegia, Inggris, dan berbagai negara Arab.[fq/islampos]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *